Senin, 24 Desember 2012

BULETIN JUM'AT 21 DES 2012



"HIKMA"  MILIK ORANG TUA
Oleh: Bahrum Subaga

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيم

Dalam Hadis riwayat Tharbani dari Jarir RA, ada seorang anak muda mengadu kepada Rosulullah, SAW. Ia berkata " Ya Rosulullah, sesungguhnya ayahku mengambil hartaku,"
Mendengar pengaduan anak muda itu, "Rasul berkata "Pergi kamu dan bawah ayahmu kesini!" setelah anak muda itu berlalu , Malaikat Jibril turun menyampaikan salam dan pesan Allah kepada beliau, Jibril  berkata: "ya, Muhammad, Allah' Azza wa Jalla menyampaikan salamku untukmu, dan berpesan kalau orang tuanya datang, engkau harus menanyakan apa yang dikatakan dalam hatinyadan tidak di dengar oleh telinganya."

Tak lama, anak muda itu datang bersama ayahnya . Rosulullah bertanya kepada orang tua itu. " mengapa anakmu mengadukanmu? Apa benar engkau mengambil uangnya?" sang ayah sudah tua tidak menjawab, Ya rasulullah.. Bukankah saya menafkakan uang itu untuk beberapa orang ammati (saudara ayahnya) atau khalafi (saudara ibu) nya dan untuk keprluan saya sendiri?"
Rosulullah bersabda lagi " lupakanlah hal itu. Sekarang ceritakanlah kepadaku apa yang engkau katakan dalam hatimu dan tidak pernah di dengar oleh telingamu, " Maka wajah keriput lelaki tua itupun menjadi cerahdan tampak bahagia, dia berkata, "Demi Allah, ya Rasulullah, dengan ini Allah berkenan menambah kuat keimananku dengan kerulanmu. Memang saya pernah menangisi nasibmalangkudan kedua telingakutak pernah mendengarnya."
Rasulullah mendesak, "Katakanlah, aku ingin mendengarkanya." Orang tua itubekata denag air matayang berlinang. "Saya mengatakan kepadanya kata-kata ini, " aku mengasuhmusejak bayi dan memeliharamuwaktu muda. Semua hasil jeripayahku kau minumdan kau reguk puas. Bila kau sakit di malam hari , hatiku gundah dan gelisah. Lantaran sakit dan deritamu, aku tidak bisa tidur dan resah, bagai aku yang sakit, bukan kau yang menderita." 

"Lalu air mataku berlinang-linang dan mengucur deras. Hatiku takut engkau di sambar maut. Padahal aku tahuajal pasti datang. Setelah engkau dewasa. dan mencari apa yang engkau cita-citakan, kau balas denagn kekerasan dan kekejaman, solah kaulah pemberi tahu kenikmatandan keutamaan."
"Sayang, kau tak mampu penuhi hak ayahmu, engkau selalu menyalakan dan membantahku, seolah-olah kebenaran selalu menempel pada dirimu, seakan-akan kesejukan bagi orang-orang yang benarsudah pasrah.

Selanjutnya Jibril berkata, "Pada saat itu nabi lansung memegangi ujung batupada leher anak itu, seraya berkata, " engkau dan hartamu milik ayahmu!.

Dari kisah ini bisa diambil pelajaran bahwa ketika sudah besar, sebagai anak kandung kita lupa kepada orang tua yang telah berjuang mencari nafkah untuk kita. Ayah kita memberikan segala apa yang dimilikinya tampa pernah meminta kembali.
Sedangkan kita, ketika akan memberikan sesuatu untuk ayah dan ibu, begitu banyak pertimbangan, tak jarang kita mencari dan membuat berbagai alasanagar kepunyaan yang dimiliki tidak berpindahkepada orang tuakita. Dalam kesempatan ini, mari kita terus mencintai dan menyayangi keduanya, sebelum kita pergi meninggalkan kita untuk selamanya.

Sumber:  Media Informasi Dan Komunikasi Umat

              Yayasan Lembaga Konsumen Muslim Batam

              No.370/ThXV/2012/1434H


Tidak ada komentar:

Posting Komentar